Jambi Berstatus Siaga Karhutla


Kebakaran Hutan di Jambi. Foto Istimewa

JAMBI - Provinsi Jambi telah dinyatakan berstatus siaga karhutla. Pernyataan tersebut dikatakan Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli, Sabtu (29/7/17). Saat itu gubernur usai menghadiri musyawarah besar perguruan pencak silat tenaga dalam bunga sejati, di Jambi.

Gubernur mengatakan, dari Januari hingga Juli 2017, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi tercatat sebanyak 350 hektar. Di Muarojambi, Tanjabtim, Tanjabbar, Muarotebo dan Sarolangun. "Karena tim pemadam cepat bertindak, api dapat dipadamkan", ujar gubernur.

Gubernur mengimbau seluruh aparat terkait, untuk terus berkoordinasi. Jangan sampai kabut asap terulang lagi, karena sangat merugikan masyarakat. Plt BPBD Provinsi Jambi, Hamdan kepada metrojambi.com, Kamis (27/7/17) yang dilansir jambiterbit.com, Minggu, (30/7/17) mengatakan, dua unit helikopter telah dikerahkan untuk memadamkan api.

 Saat itu terjadi karhutla di Desa Pematang Raman, Kecamatan Kumpeh, Muarojambi. "Kita belum tahu berapa luas lahan terbakar. Namun kebakaran itu diduga terjadi pada lahan kosong", ujar Hamdan.

Sumber lain mengatakan,  kebakaran hutan juga telah terjadi pada kawasan hutan lindung gambut di Desa Sinarwajo, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjabtim. Petugas pun bekerja keras memadamkan api agar tidak meluas. (*/red/rizal ependi)
Diberdayakan oleh Blogger.