Pencari Kerja Masih Didominasi Lulusan SLTA

foto jambiterbit.com

KOTA JAMBI - Hingga April 2017 pencari kerja (pencaker) di Kota Jambi masih didominasi tamatan SLTA. Jenjang pendidikan ini menempati urutan pertama terbanyak bahkan persentasenya mencapai 60 persen dari total keseluruhan 298 orang. 

Sedangkan urutan terkecil ialah tamatan SD yang jumlahnya hanya 3 orang. Namun berdasarkan klasifikasi jenis kelamin, pencaker ini didominasi oleh perempuan yakni 207 orang dan 91 sisanya laki-laki. Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kota Jambi, Syahril Samingin melalui Kepala Bidang Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Umar Dani Nasution di ruang kerjanya, Selasa (25/4/17).

Menurut Nasution, jumlah pencaker yang disebutkan tadi merupakan data masuk mulai Januari hingga Maret 2017. Sedangkan bulan berikutnya akan dicatat pada triwulan selanjutnya. Selain lulusan SLTA, sisanya lulusan SD, D3, S1 dan S2 yang terdata mengurus kartu kuning pencaker atau dikenal dengan AK1. "Kita belum dapat mengatakan naik turunya jumlah pencaker ini dari tahun sebelumnya, yang jelas pencaker membludak setelah tiba masa lulusan sekolah", ujarnya. 

Biasanya, pihak Disnakerkop dan UKM dapat mengetahui pencaker ini telah mendapat pekerjaan melalui foto copy kartu AK1 yang dikirimkan oleh perusahaan penerima tenaga kerja kepada pihaknya. Sementara itu, Lusiani (23) salah seorang lulusan SLTA di Kota Jambi mengaku telah lama mengurus kartu depnaker namun belum juga mendapat pekerjaan. Lusiani ketika itu menemani ponakannya mengurus kartu pencaker di kantor tersebut. 

 Dikatakan Lusiani, ketika melamar pekerjaan, kartu depnaker itu di fotocopy dan dilampirkan dalam berkas surat lamaran kerja. "Jadi kalau saya baru sekali mengurus, ini saya menemani ponakan saya", kata Lusiani. Pantauan koran ini, setiap hari Kantor Disnakerkop dan UKM tersebut selalu ramai. Para tamu rata -rata bertujuan mengurus kartu pencaker. Bahkan sebagian mereka rela antri menunggu petugas guna mendapatkan kartu pencaker tersebut. (ref)
Diberdayakan oleh Blogger.