Sebagian Koperasi Telah Berbasis IT

Kantor KUD di Kota Jambi. Foto Dok jambiterbit.com
KOTA JAMBI - Sebagian koperasi di Kota Jambi telah berbasis IT (informasi teknologi) sehingga hal itu tidak berpengaruh terhadap banyaknya jumlah koperasi. 

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Syaril Samingin melalui Kepala Bidang Perkoperasian,Yuda dharma kepada wartawan belum lama ini. Menurut Yuda, saat ini jumlah koperasi telah berkurang daari sebelumnya tahun 2016 ada 400 koerasi, saat ini hanya 376 koperasi aktif. " Selebihnya pasif dan rata-rata tak ada anggota serta tak diketahui keberadaan kantornya", ujarnya. 

Namun demikian, pihak dinas koperasi memiliki pandangan kalau koperasi tak harus berjumlah besar, namun lebih utama masalah SDM pengelola dan keefektifan koperasi tersebut. Pada dasarnya, kata Yuda mendirikan koperasi itu mudah ketimbang membubarkannya. 

Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan koperasi sebesar Rp 4 hingga Rp 5 miliar. Dana sebesar itu nantinya digunakan sebagai dana pembinaan. Namun demikian pemerintah lebih mengoptimalkan kualitas koperasi itu sendiri ketimbang kuantitas. (ref)
Diberdayakan oleh Blogger.