Berburu Kuliner Khas Betawi di Festival Condet

Foto Dokumentasi Avit Hidayat/Tempo.Co

JAKARTA - Ribuan warga Jakarta Timur berjibun memadati sepanjang Jalan Raya Condet untuk meramaikan Festival Condet yang berlangsung dua hari, Sabtu, 29 Juli 2017 dan Minggu 30 Juli 2017. Di festival itu berbagai hal dijual, mulai dari pakaian, perkakas rumah tangga, dan yang paling mendominasi adalah kuliner.

Para warga yang datang mengajak masing-masing keluarganya menikmati kemeriahaan festival. Rata-rata mereka mereka berburu kuliner dan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. "Tadi kami beli sosis, es krim buat anak, dan jajanan," kata Sri Sundani, 47 tahun, warga Batu Ampar, Condet, saat ditemui pada Sabtu, 29 Juli 2017.

Sri mengajak dua putri dan keponakannnya menyusuri sepanjang Jalan Raya Condet, tempat festival itu digelar. Ribuan gerai berdiri memanjang mengikuti jalan. Pedagang keliling juga ikut jualan di ruas jalan yang tersisa.

Di tempat itu berbagai kuliner khas Betawi juga dijual. Mulai dari kerak telor, soto Betawi, gorengan, cendol, sirup khas Betawi, kopi, nasi bakar, sate, asinan, bir pletok, mi ayam, dan berbagai makanan lain. Selain itu juga dijuak mainan anak-anak, tas, baju, celana, dan beberapa jenis barang lain.

Berbagai macam makanan dijual mulai Rp 5-25 ribu. Sedangkan jenis barang seperti pakaian mulai Rp 25 ribu sampai ratusan ribu. Acara ini digelar dua hari sejak hari ini hingga Minggu, 30 Juli 2017. Mulai pagi hingga malam. Ketua Panitia Festival Condet, Hafiz mengatakan bahwa acara ini sudah digelar hampir setiap tahun. Acara ini diikuti oleh sedikitnya 2.000 pedagang.

 "Semoga tiap tahun akan terus seperti ini," tutur dia. Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno juga menyempatkan datang ke Festival Condet. Ia memuji penyelenggaraan acara tersebut. Menurut dia, Festival Condet membantu pertumbuhan UKM, ekonomi, dan budaya-kreatif Betawi.

Sedangkan dia juga punya program OK OCE, kependekan dari One Kecamatan One Center of Entrepreneur. Program itu adalah salah satu program andalan Anies-Sandi di pilkada DKI 2017. Tujuannya untuk mencetak wirausahawan baru di DKI.

"Kami akan memadukan Festival Condet dengan programnya semasa kampanye, OK OCE. (Dipadukan) program seperti OK OCE program dengan budaya Betawi," kata Sandi di Balakembang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu, 29 Juli 2017.

 Sumber : Tempo.Co
Diberdayakan oleh Blogger.