Massa Desak Pemkot Hentikan Pembongkaran Tugu Kotabaru

Foto Dok Jambiterbit.com
KOTA JAMBI - Protes dari masyarakat Kota Jambi terhadap rencana pembongkaran tugu jam di bundaran Kotabaru, Jambi akhirnya memasuki titik klimaks. Pagi tadi (20/07/17), sekitar jam 10 pagi, belasan massa yang tergabung dalam Aliansi Tanah Pilih Untuk Tugu Kotabaru berdemonstrasi di depan tugu jam. Mereka menolak rencana Pemerintah Kota membongkar tugu jam tersebut dan menggantinya dengan Tugu Keris Siginjai.

 “Kami menolak keras pembongkaran tugu ini. Tugu ini sudah berusia 35 tahun dan merupakan jejak sejarah pembangunan Kota Jambi. Kalian harus dengarkan aspirasi kami ini!” salah satu orator aksi, Ardi berteriak dengan lantang. Koordinator Aksi, Coco Jonhar kepada jambiterbit.com mengatakan mereka mendesak Pemerintah Kota Jambi untuk menghentikan pembongkaran tugu jam tersebut. 

Menurutnya, bangunan yang sudah berusia puluhan tahun itu merupakan jejak sejarah pembangunan. Lagipula bangunannya masih layak dan kokoh, tidak mengganggu estetika kenyaman masyarakat. “Kalaupun mau dibongkar mestinya dikaji terlebih dulu dengan melakukan konsultasi publik. Menurut sumber mengatakan bahwa proses ini belum dilakukan. Selama ini yang bersuara hanya anggota DPRDdan lembaga adat. Memangnya rakyat cuman mereka saja. Kalau semua sudah dilakukan kenapa masih menimbulkan protes,” katanya. 

Menurut Coco, ada kesalahan persepsi di masyarakat yang menyebutnya dengan tugu monas. “Ini sangat berbeda dengan tugu monas. Ada jamnya, kalau tugu monas tidak ada jam. Jadi kalau ada persepsi tugu monas bukan ikon jam yang memang benar. Lha ini memang bukan tugu monas, tetapi sekali lagi saya katakan ini tugu jam. Kalau pemerintah yang mau bikin Tugu Keris Siginjai ya bikin saja di tempat lain, jangan bongkar tugu jam ini,” ujarnya. 

Coco mengatakan mereka juga sedang mempertimbangkan untuk melakukan upaya hukum, misalnya seperti class action. Namun mereka sedang melakukan kajian dan konsultasi dengan para pakar hukum, apakah hal itu memungkinkan. “Bagi kami tetap akan lakukan protes soal akan terjadi perubahan atau renovasi ini akan dihentikan, kami serahkan kepada proses. 

Yang jelas kami akan berupaya semaksimal mungkin,” katanya. Tugu Jam Kotabaru yang biasa disebut masyarakat Tugu Monas merupakan salah satu bangunan tua yang memiliki sejarah. Menurut Junaidi T Noor, budayawan dan sejarawan Jambi, tugu tersebut merupakan simbol dari tekad perjuangan masyarakat Kota Jambi yang menggelora.

Ada kobaran api di bagian atas dan di bagian bawahnya dibangun Angso Duo yang merupakan simbol dari Kota Jambi. “Itulah makna simbol api itu, perjuangan yang menggelora yang ditopang oleh Angso Duo sebagai simbol Kota Jambi. Angso Duo dibangun dengan alasan sebagai legenda dimana Angso Duo yang berhenti di Tanggo Rajo,” katanya. 

Tugu yang kerap menjadi pusat kegiatan dan keraiaman di Kota Jambi tersebut dibangun pada masa pemerintahan Walikota Jambi, Zainir Haviz pada 1972 hingga 1983. Pembangunannyapun hampir bersamaan dengan pembangunan kantor Walikota Jambi yang tepat berada di depannya. Yang tak kalah pentingnya, bundaran tugu jam Kota Baru itulah yang merupakan titik tri argulasi Kota Jambi. Artinya, tugu tersebut merupakan titik nol Kota Jambi. (jogi sirait)

Video Tugu Jam, Kota Baru, Kota Jambi.  Video Dokumentasi  : Sumantra Feet Fot You Tube Wordpress.com
Diberdayakan oleh Blogger.