HUT RI Meriah Camat Teladan Kecewa

Rahmad Sugiharto, Camat Jambitimur, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Foto Jambiterbit.com

KOTA JAMBI - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 di Kota Jambi cukup meriah. Berbusana serba putih, mulai dari walikota , camat dan lurah merupakan ciri khas pakaian "kebesaran" pemimpin wilayah pada perayaan hari besar. Barisan pasukan pengibar bendera telah menggerek sang merah putih hingga ke ujung tiang.

Berkibar diketinggian, sementara peserta mulai meninggalkan lapangan upacara pasca inspektur upacara, Walikota Jambi Syarif Fasha turun dari mimbar. "Meriah, mungkin lebih dari tahun-tahun sebelumnya, cuaca juga tak begitu panas," ujar salah satu peserta upacara bercerita pada temannya di palataran Kantor Walikota Jambi, Kamis (17/8/2017).
Nasrul Yasir. Foto Jambiterbit.com

Namun dibalik kemeriahan tersebut terselip rasa kecewa mendalam dari salah satu peserta. Dia adalah Rahmad Sugiharto, Camat Jambitimur, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Pemimpin yang masuk katagori camat teladan pada pemilihan camat teladan tahun 2016 se Provinsi Jambi tersebut mengaku kecewa pada Biro Pemerintahan Provinsi Jambi.

Alasannya sederhana, kenapa bukan Camat Jambitimur yang diajukan ke Jakarta untuk mengikuti HUT RI di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo. Padahal menurut Rahmad, yang mendapat predikat Camat Teladan se Provinsi Jambi pada tahun 2016 adalah dirinya sebagai Camat Jambitimur. Sedangkan pemilihan camat teladan Tahun 2017 belum ada.

[ Baca Juga ! : Merdeka....! 80 Narapidana di Jambi Bebas ]

"Saya mendapat shering foto dari teman saya, dia berteman dengan salah seorang camat dari Kabupaten Sarolangun. Camat itu menghadiri HUT RI di Istana Negara sebagai camat teladan dari Provinsi Jambi. Padahal Penerima Anugerah Camat Teladan se Provinsi Jambi Tahun 2016 adalah Kecamatan Jambitimur dan camatnya saya", ujar Rahmad kepada jambiterbit.com, Kamis (17/8/2017).

Rahmad menambahkan, dirinya telah melaporkan hal itu kepada Bagian Pemerintahan di Pemkot Jambi. Kemudian akan melakukan cros cek ke Biro Pemerintahan Provinsi Jambi. "Kalau begitu untuk apa saya menerima penghargaan, saya kembalikan saja", kata Rahmad di hadapan Plt Sekda Kota Jambi, H Mukhlis, usai upacara HUT RI.

Biro Pemerintahan Pemprov Jambi. Foto Jambiterbit.com
Kepala Bagian Humas Setda Kota Jambi, Abubakar ketika dikonfirmasi terkait persoalan ini mengatakan kalau yang mengajukan hal ini adalah pihak Biro Pemerintahan Provinsi Jambi. " Ya saya sudah mendengar itu, yang mengajukan biro pem", tukas Abubakar.

Sedangkan Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Jambi, Rahmad Hidayat ketika hendak dikonfirmasi jambiterbit.com, Kamis (17/8/2017) sedang tak berada ditempat. Begitu juga dengan Karo Humas Pemprov Jambi, Johansyah.

Sementara itu, Aktivis Pemerhati Kinerja Pemerintah, Nasrul Yasir menyebutkan, pihak terkait harus melakukan cros cek terhadap persoalan ini. "Ini harus benar-benar di cros cek, jangan sampai ada anggapan masyarakat kalau persoalan ini ada nuansa politis", pungkasnya. ( rizal ependi )
Diberdayakan oleh Blogger.