Karang Taruna Dapat Berperan Penting Dalam Mewujudkan Program Jambi Tuntas

Salah satu kegiatan Karang Taruna Provinsi Jambi. FotoDok FB Navid
JAMBITERBIT.COM, KOTA JAMBI - Karang taruna adalah sebuah organisasi pemuda yang memiliki tugas pokok membangun jiwa kepemimpinan dan kepemudaan karang taruna dibidang sosial. Namun hingga saat ini, peran pemerintah terhadap ormas tersebut baru sebatas memberi perhatian.

[ Baca Juga ! : Kesbangpol Gelar Sosialisasi Perpu No 2 Tahun 2017 Tentang Ormas ]

Padahal karang taruna salah satu ormas yang dapat berperan penting mendukung kinerja pemerintah dalam mewujudkan Program Jambi Tuntas 2021. Hal itu dikatakan Ketua Karang Taruna Provinsi Jambi, Navid kepada jambiterbit.com di Jambi, Kamis (24/8/2017).

Ketua Karang Taruna Kota Jambi. Navid. Ft Jtc
Menurut Navid, karang taruna tak hanya membutuhkan perhatian, yang lebih penting dilakukan pembinaan dan pengucuran dana bantuan operasional untuk tumbuh, berkembang dan berprestasi. "Jujur, kalau perhatian pemerintah sudah ada, tapi yang dibutuhkan itu pembinaan dan bantuan dana operasional. Bukan hanya perhatian", tambah Navid.

Navid menambahkan, organisasi yang dibina oleh Dinas Sosial Provinsi Jambi tersebut dapat tumbuh dan berkembang dari bawah ke atas, asalkan mendapat bimbingan tehnis sebagai bentuk pengakuan terhadap keberadaannya.

 "Tapi tahun 2018 telah dijanjikan pak sekda, terkait hal ini. Saya minta kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Jambi agar dapat menggelar bintek yang meghadirkan anggota karang taruna bukan pihak dinsos", tutur Navid.

Sejauh ini Pemerintah Provinsi Jambi melalaui Dinas Sosial Provinsi Jambi disinyalir belum memberikan pembinaan secara maksimal terhadap ormas, khususnya karang taruna. Sedangkan Pemerintah Kota Jambi belum lama ini telah melakukan hal itu, salah satunya dengan menggelar sosialisasi Perpu No 2 Tahun 2017, bertempat di Aula Kantor Kesbangpol Kota Jambi, Rabu (23/8/2017). 

"Untuk saat ini kita baru sebatas menggelar sosialisasi tentang Perpu, mungkin masalah atribut ormas akan kita bahas selanjutnya", ujar Kepala Kesbangpol Kota Jambi, Liphan Pasaribu, Rabu (23/7/2017). ( rizal ependi)
Diberdayakan oleh Blogger.