Lulusan S1 Ternyata Banyak Nganggur

Foto Ilustrasi Istimewa

JAMBI - Gubernur Jambi H Zumi Zola mengatakan banyaknya jumlah pengangguran saat ini merupakan tantangan yang serius. Terlebih lagi para penganggur tersebut merupakan lulusan S1.

"Ini mencerminkan kurangnya kualifikasi yang dimiliki pencari kerja dengan tuntutan pasar kerja", ujar gubernur. Pernyataan gubernur tersebut dikatakannya pada acara peluncuran bantuan beasiswa berprestasi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, di Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (16/8/2017) petang.

Guna menyikapi kondisi ini, menurut gubernur, Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan program beasiswa sesuai dengan tuntutan pasar kerja dan beasiswa untuk meningkatkan kompetensi guru, akademisi dan Dokter Sprsialis.

Menurut cacatan jambiterbit.com untuk di Kota Jambi saja jumlah pengangguran yang mencari pekerjaan hingga bulan April 2017 masih didominasi tamatana SLTA. Jumlahnya sekitar 60 persen dari total 298 orang. Sisanya 40 persen dari jenjang SD,SMP, S1 dan S2.

Data ini didapat dari Kepala Bidang Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Dinas Koperasi UKM dan Naker, Kota Jambi, Umar Dani Nasution, Selasa (25/4/17). (ref)
Diberdayakan oleh Blogger.