Warga Perbaiki Jalan Dengan Swadaya Masyarakat

Jalan Lingkungan yang baru ditimbun dengan tanah latrik di RT.8 Desa Tangkit Lama. Foto Jambiterbit.com

MUAROJAMBI - Warga Desa Tangkit, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi memperbaiki jalan lingkungan dengan sistem swadaya. Pekerjaan dimulai sejak minggu lalu, dilakukan secara bertahap. Jalan lingkungan di RT. 8 sepanjang lebih kurang 400 meter tersebut ditimbun tanah latrik.

Warga hanya menggunakan cangkul untuk membongkar tanah dari mobil truk. "Jalan ini dulunya pernah ditimbun, tapi hanya sebagian. Karena sudah lama, jalan rusak lagi", ujar Merry salah satu warga di sana, Sabtu (5/8/17).
Foto Jambiterbit.com

 Menurutnya, sebelum ditimbun jalan tersebut berlobang. Licin dan berlumpur ketika musim penghujan. Warga ada yan punya ide menyusun papan di tengah jalan menuju rumahnya, untu menghindari lumpur.

Sementara itu, Andre (38) warga lainnya mengaku, dana yang dipungut dari warga nilainya bervariatif. Mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 400 ribu. Itu tergantung tingkat kemampuan warga. "Bagi yang belum membayar, tidak dipaksakan yang penting ada niat untuk memperbaiki jalan bersama-sama", kata Andre.

Dikatakannya, jumlah dana yang terkumpul tidak banyak, hanya sekitar Rp. 1 juta lebih. Dana yang ada telah habis, belum cukup untuk menimbun seluruh badan jalan.

Sedangkan harga tanah latrik untuk satu truk mencapai Rp. 100 ribu lebih. Rencananya warga akan kembali patungan, agar penimbunan dapat dirampungkan. "Makanya kita rembuk, mungkin kalau patungan lagi, mudah-mudahan seluruh jalan ini dapat ditimbun", pungkasnya. (tam)










 
Diberdayakan oleh Blogger.