Idul Adha 2017, Diknas Potong 9 Ekor Sapi

Suasana pemotongan hewan kurban di Diknas Pendidikan Provinsi Jambi. Foto Jambiterbit.com

JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Jambi berkurban 9 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1438 H yang bertepatan dengan Tahun 2017 M. Pemotongan hewan kurban tersebut dilakukan di Pelataran Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (2/9/2017).

DR. Sofyan.M.Be
Puluhan panitia kurban terlibat memotong hewan tersebut untuk ditimbang masing-masing seberat 1 kilogram. Daging kurban yang telah ditimbang dimasukan ke dalam kantong kresek warna putih dan dibagikan kepada yang berhak menerima. Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban, DR. Sofyan, M.Be mengatakan, hewan kurban tersebut berasal dari Pejabat di Diknas Provinsi Jambi Eselon III dan IV, Para kepala sekolah SMA/SMK di tiap kabupaten Kota dalam Provinsi Jambi dan dari keluarga lingkungan Diknas Provinsi Jambi.

Rata -rata berat hewan kurban tersebut sekitar 75 kilogram per ekor. Setelah dipotong, dibagi menjadi 650 paket yang masing-masing paket seberat 1 kilogram ditambah yang lainnya. Daging tersebut didistribusikan kepada keluarga, maksudnya para pegawai Diknas Provinsi Jambi. Kemudian masyarakat sekitar, petugas kebersihan, tukang koran, farkir miskin dan para keluarga kepala sekolah yang tidak mampu. "Ini setiap tahun kita laksanakan, jadi para kepala sekolah itu, selain berkurban di kampungnya atau di sekolah juga dianjurkan untuk berkurban di sini ", ujar Kabid SMA/SMK Diknas Provinsi Jambi ini.

Dikatakan Sofyan, pada Idul Adha tahun lalu, jumlah kurban hanya 8 ekor sapi. Tahun ini (2017) 9 Ekor dan tahun depan ditarget sebanyak 25 ekor sapi. Sedangkan rencana pendistribusiannya, 10 ekor dipotong di diknas, selebihnya akan diberikan ke panti asuhan, ke mesjid dan ke sekolah-sekolah yang tidak mampu. "Hewan ini kami serahkan kepada ahlinya untuk menyembelih, namun bagian tukang potong adalah anggota panitia kurban yang berasal dari Diknas Pendidikan", kata Sofyan.

Foto Jambiterbit.com
Sementara itu, Inal (42) warga sekitar mengucapkan terimakasih kepada pihak Diknas Pendidikan yang telah peduli kepada sesama. Dirinya berharap kontribusi hewan kurban ini tepat sasaran. Sehingga bagi yang berkurban bisa mendapatkan pahala disisi Allah SWT. "Kami terimakasih banyak pak, karena bapak-bapak pejabat berkurban disini dan kami mendapatkan daging kurban", tandas Inal. (rizal ependi)
Diberdayakan oleh Blogger.