Obor Simbol Penerangan

 Zainul Abidin.  Foto Ist

 PENULIS : Zainul Abidin  (Pemred Thejambitimes.com)

TAHUN BARU ISLAM selalu di artikan dengan tahun hijrah rasul dari mekah ke Yathrib. Tahun baru itu juga umat mengelar pawai obor,tahun baru islam juga terdapat di dalam surat At Taubah ayat 36 . Dari tahun ke tahun, tahun baru islam di rayakan. Sadarkah kita bangsa Indonesia khususnya menjadi budaya dengan konseo Al Quran. Tentu jawaban belum berbudaya Al Quran, bukan !

 Ini jawaban Al Quran menurut sunah rasul Apa yang di lakulan Rasullah di makah sebelum hijrah ke madinah? Tentunya terus menerus menerima wahyu yaitu ilmu Allah(Al quran). Dengan secara diam diam atau face to face,beliau berdakwah,tentunya dakwah tersebut untuk di praktekkan dlm kehidupan sehari hari. Jika di lihat surat At Taubah ayat 36,ada beberapa makna yg harus di cermati yaitu: 1.dinul. 2.samawati wal ardho. 3.kaffah dan 4.mutaqin (di akhir ayat tersebut). 1.dinul (din) adalah agama islam. 2.samawati wal ardho(doa iftitah dlm sholat:samawati wdl ardhi sama artinya langit dan bumi). 3.kaffah artinya semua,segala,seluruhnya dan hubungkan dgn surat Al Baqarah ayat 208,masuklah islam secara keseluhan (Islam kafah) 4.mutaqin itu orang yg takwa di khususkan bg orang yg beriman. Nah apa itu iman?

Jika rujuk ke surat Al Baqarah,apa itu iman bisa di teliti secara ilmiah di 21 ayat surat Al Baqarah yaitu ayat:2,3,4,8,41,62,88,91,97,100,121,136,137,186,218,221,257,277,285, Surat Al Imran:ayat 139,164. Surat An Nissa ada 16 ayat yaitu:47,55,57,60,61,65,69,76,80,115,122,152,162,166,173,175.(di bahas selanjutnya). Makunta tadrimal kitabi walal iman:jika kamu tidak paham,tidak memahami,tidak mengusai al quran maka kamu tidak punya iman.(inilah kunci tafsir dari ayat 36 surat At Taubah dari makna al muttaqin ) Sedangkan api obor itu bahasa simbol yg artinya bisa sebagai:petunjuk, penerangan,cahaya,nur. Jika di kongkritkan menjadi ciptaan Allah yaitu Al quran.

Sedangkan langit dan bumi itu di tafsirkan untuk para mutaqin atau(untuk orang yg beriman) apa makna dari langit,bumi,alam semesta itu berarti langit,bumi tetap patuh menjalankan perintahNYA. Dan ini adalah simbol contoh untuk para mutaqin ,tentunya untuk orang yg beriman. Yang jd pertanyaan besar adalah kenapa sebagian umat islam merayakan dgn pawai obor yang tidak pernah di lakukan oleh Rasullah? Kembali kpd hijrahnya Rasullah ke madinah itu untuk menegakan sebuah organisasi maha besar yang di ciptakan oleh Allah yaitu dinul islam atau agama islam ( surat at taubah,ayat:36).

Kedatangan Rasullah bersama muhajirin (sebutan bagi masyarakat dr berbagai belahan dunia termasuk masyarakat mekah atau baqah)hijrah ke Yathrib di sambut oleh anshor(sebutan masyarakat dari yathrib) yg berbudaya Al Quran) Dan tegaklah Al madinah Almunawarah.(datangnya Rasullah)dan tegaklah agama Islam sebagai organisasi tunggal. (sebelum datangnya Rasullah ke Madinah namanya Yathrib) Selama kurun kurang lebih 15-20 tahun lebih Rasullah berdakwah dan pengikutnya sudah menempah dirinya menjadi berbudaya al quran . Dan barulah Rasullah mendirikan infrastruktur atau bagunan yang di sebut Masjid.

Pada tahun 622 M dan di abadikan dalam surat At Taubah ayat 108 masjid tersebut bernama masjid quba. Jadi Sumber Daya Manusia(SDM) pengikut rasullah adalah berkarakter al quran. Jemaah di masjid quba pada zaman rasullah dan sahabat adalah paham dgn isi alquran maksud paham di disini bukanlsh sekedar paham pengakuan saja tapi di terapkan dlm kehidupan sehari hari. Makanya Rasullah di sebut oleh pemikir Islam dan para cendikiawan muslim dunia sebagai "The Living of Quran" atau Quran berjalan Jadi zaman sekarang sudahkah berbudaya dgn konsep Al Quran?   (***)
Diberdayakan oleh Blogger.