Sabtu Mendatang, Perindo Ajak Masyarakat Nobar Film G 30 S/PKI

Febuar Rahman. Foto Ampera.co
JAMBITERBIT.COM, SUMSEL - Untuk memperkokoh rasa Nasionalisme, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar acara nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S/PKI).

Ketua DPW Partai Perindo Sumsel Febuar Rahman mengungkapkan, rencananya pemutaran ulang film dokumenter drama propaganda Indonesia yang dibuat pada tahun 1984 itu akan digelar di kantor DPW Partai Perindo Sumsel di Jalan R. Sukamto Palembang, Sabtu (30/9/2017) pukul 20.00 WIB.

Agenda nobar film G 30 S/PKI tidak hanya akan disaksikan para kader namun juga terbuka untuk umum. Terutama masyarakat dan generasi muda yang belum mengetahui secara pasti peristiwa bersejarah pada tahun 1965 itu. Bahwa 52 tahun yang lalu pernah ada gerakan kudeta oleh Partai Komunis. "Kegiatan nobar ini ditujukan agar masyarakat mengetahui sejarah. Terutama generasi muda yang kami harapkan dapat ikut menyaksikan," katanya, Selasa (19/9/2017).

Sambungnya, dengan menyaksikan film G 30 S/PKI, ia berharap dapat memperkokoh rasa nasionalisme dan membangkitkan kembali semangat patriotik membela bangsa. "Masyarakat perlu menyadari kembali bahwa paham komunis dan PKI sangatlah bahaya dan sebagai ancaman bagi NKRI. Untuk itulah tujuan pemutaran film G 30 S/PKI kami lakukan," ujarnya.

Untuk diketahui, film berjudul Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI, disutradarai dan ditulis Arifin C. Noer, diproduseri G. Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa. Film tersebut diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp 800 juta yang disponsori pemerintahan Orde Baru. Film ini dibuat berdasarkan pada versi resmi menurut pemerintah kala itu.

Dan dari peristiwa yang terjadi pada malam hari, 30 September sampai di awal 1 Oktober 1965, tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha kudeta. (Putra/Ed.Feri)

sumber:ampera.co
Diberdayakan oleh Blogger.