Santri Mambaul Ulum Gelar Manasik Haji

Salah satu kegiatan di Ponpes Mambaul Ulum. Foto Ist
JAMBITERBIT.COM, KOTA JAMBI - Para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Ulum di Kelurahan Talangbakung, Kecamatan Jambiselatan, Kota Jambi menggelar kegiatan manasik haji. Kegiatan itu dikuti pasa santri tingkat dasar dari kelas 1 hingga kelas 6. Acara digelar sekitar pukul 08.00 WIB di Ponpes Mambaul Ulum pada Sabtu (16/9/2017).

Santri laki-laki menggunakan pakaian muslim dan perempuan menggunakan pakaian muslimah.

Salah seorang tenaga pendidik di Ponpes Mambaul Ulum, Rubi mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilakukan pada pagi hari untuk menghindari cuaca panas.  Karena santri yang mengikuti kegiatan ini mulai dari kelas satu hingga kelas enam. "Ya, anak TK juga menggelar manasik haji. Makanya untuk itu kami mengadakan pegelaran ini setiap tahun", ujar Rubi kepada jambiterbit.com, Sabtu (16/9/2017).

Menurut Rubi, acara ini tidak berlangsung lama, nanti kalau telah selesai santri diusahakan pulang lebih cepat.

Sementara itu, seorang santri yang tak ingin namanya ditulis mengaku mengikuti kegiatan tersebut. Dirinya datang lebih pagi lengkap dengan pakaian muslim. "Hari ini pak, tapi saya tak tahu jam berapa, mungkin sebentar lagi", ujar santri itu.

Pantauan di lokasi, sejumlah santri telah siap mengikuti kegiatan tersebut. Seluruhnya berpakaian serba putih khusus santri perempuan. Orang tua santri juga hadir di sana, guna menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut. Disamping itu, di halaman ponpes panitia telah mempersiapkan fasilitas guna melancarkan acara tersebut. Disamping replika ka'ba yang diletakan di lapangan upacara, adalagi beberapa kelengkapan lain seperti layaknya di Kota Mekka. (tam)
Diberdayakan oleh Blogger.