Zola : Investor Tebu Harus Menguntungkan Petani

Perkebunan tebu. Foto Istimewa
JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Gubernur Jambi H. Zumi Zola mengatakan bahwa dirinya mendukung para invertor yang akan menanamkan modalnya para sektor perkebunan tebu. "Kita dukung penuh, yang penting menguntungkan para petani ," kata Zola ketika menerima kunjungan para investor di rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (5/9/17).

Gubernur menawarkan, soal lahan untuk ditanami ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Tanjabtim dan Kabupaten Muarojambi. Karena tiga daerah itu memiliki lahan rawa sesuai dengan harapan investor. Perkebunan tebu sebagai bahan baku pembuatan gula paling tidak membutuhkan lahan seluas 20 ribu hektar. Ini termasuk kendala, karena gubernur mengaku agak sulit memenuhi kebutuhan lahan seluas itu. Karena hamparan lahan seluas itu terbagi-bagi tak hanya satu tempat. "Biasanya tebu di daerah pematang dan ini menarik untuk diteliti daerah rawa bisa ditanami tebu juga, perlu dikaji tingkat keasamannya," jelas Zola.

Zola melanjutkan, dalam hal ini pemerintah hanya sebagai fasilitator bagi pemerintah kabupaten/kota. Tahap awal pertemuam ini akan ditindaklanjuti melalui Dinas Perkebunan Provinsi Jambi dalam upaya mencari lahan yang cocok yang juga dapat menguntungkan perusahaan. Selain calon investor Resan Rahardjo dan Dicky Sinaga, pertemuan juga dihadiri Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah dan PTSP, Imron Rosyadi, Kepala Biro Pembangunan dan Kerjasama, Novriadi AP,M.Si, serta Pejabat terkait lingkup Pemprov Jambi. (raihan)
Diberdayakan oleh Blogger.