Buntut Terbisnya Bahu Jalan, Pipa PDAM Patah

Petugas PDAM Tirta Mayang Kota Jambi sedang memperbaiki pipa primer yang rusak akibat tebing terbis. foto jambiterbit.com

JAMBITERBIT.COM, KOTA JAMBI - Buntut terbisnya turap penyangga bahu Jalan Sumantri Brojo Negoro, di tepi jurang cadas di Kelurahan Selamat, Kecamatan Telanaipura atau di pertigaan menuju Rumah Dinas Kejati Jambi, Kota Jambi, Senin malam (26/3/2018) menyebabkan pipa distribusi PDAM Tirta Mayang Patah.

M Haris. Petugas PDAM
Pipa induk primer yang berfungsi memasok air bersih ke 3 kecamatan dalam Kota Jambi tersebut rusak. Saat itu layanan PDAM sempat terhenti karna pipa tersebut pecah.

Petugas PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, M Haris ketika dihubungi di depan Kantor PT Telkom Jambi, tak berjauhan dari lokasi kejadian mengatakan, pihaknya tengah melakukan perbaikan pipa primer PDAM yang rusak.

Dikatakan Aris, saat ini pasokan air PDAM telah dialirkan kembali lewat pipa lain, menjelang perbaikan rampung. Pipa Primer tersebut ujar Aris adalah pipa induk untuk memasok air bersih ke Kecamatan Simpang Empat Sipin, Jelutung dan Kecamatan Danau Sipin. "Tapi sekarang air sudah hidup, karena ada jalur lain.

Sedangkan muara pipa yang pecah di off kan sementara, mudah-mudahan hari ini selesai", kata Haris.

Pantauan di lokasi, pada  badan jalan persis ditempati yang terbis telah dipasang garis pengaman sementara oleh Pihak Dinas Perhubungan Kota Jambi. Selain turap penyanga badan jalan, ikut anjlok juga sebuah tiang lampu merah.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui penyebab pasti terbisnya tebing tersebut. Namun banyak pihak menduga, kejadian itu disebabkan lembutnya kultur tanah penyangga turap pada musim penghujan. Sehingga, tanah tebing tersebut tak sanggup menahan beban turap. (red/jt/asr)
Diberdayakan oleh Blogger.