Drainase Tersumbat Pasar Bungur Banjir Besar

Lapak pedagang yang terkena banjir. Foto Jambiterbit.com
JAMBITERBIT.COM, BUNGO - Banjir di Pasar Bungur Kabupaten Bungo disebabkan drainase tersumbat. Sehingga pas hujan air tak lancar mengalir, ditambah lagi oleh tingginya curah hujan sepekan terakhir.

Kedalaman air hingga sebatas betis orang dewasa, ditempat tertentu malah sebatas pinggang. Lapak pedagang banyak yang terendam, hal ini membuat aktifitas di pasar nyaris lumpuh. Pedagang memilih tak berjualan sambil menunggu banjir surut.

Salah satu pedagang Irma, kepada wartawan di Bungo menjelaskan, selokan air di pasar itu penuh dengan sampah, oknum pedagang ada yang membuang sampah sembarangan. Ini kali kedua banjir terjadi, sebelumnya pernah juga sekitar seminggu yang lalu. "Kalau ini seluruhnya terendam, air telah sebatas paha", ujar Irma, Senin (19/3/2018).

Mendengar kabar itu Petugas Pemadam kebakaran Bungo turun ke lokasi. Mereka membuang air dengan cara disedot, namun upaya itu tak banyak membuahkan hasil, karena sulit mencari tempat pembuangan.

Petugas akhirnya membuang di seberang jalan, selang yang terbentang membuat macet arus lalu lintas. Namun petugas tetap berusaha dengan menggunakan alat hisap portabel. "Lemahnya, saat membuang air di seberang jalan terjadi macet kendaraan", ujar Kepala Seksi Penyelamat Damkar Bungo Arianto.

Menurut Arianto, sejauh ini hanya upaya penyedotan yang dapat dilakukan, belum ada upaya lain. Namun demikian Bupati Bungo Mashuri telah mengunjungi lokasi banjir. Saat itu Mashuri didampingi wakilnya Sayarifuddin Dwi Afrianto dan pihak TNI setempat. (red/kon/jt06/berbagai sumber)

Editor : Rizal Ependi
Diberdayakan oleh Blogger.