Pemkot Rogoh Kocek 9 Miliar Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan

Ilustrasi seorang siswa sedang belajar mengoperasikan komputer di rumahnya. foto jambiterbit.com
JAMBITERBIT.COM, KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pendidikan Kota Jambi telah merogoh kocek APBD Kota Jambi sebesar Rp 9, 1 Miliar demi untuk meningkatkan kualitas para lulusan siswa sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).

Duit segede itu digunakan untuk membeli perlengkapan sanara dan prasarana penunjang pada pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di sejumlah sekolah di Kota Jambi.

Pemerintah Kota Jambi manargetkan pada tahun 2018 seluruh SMP dan Sekolah Setingkat SLTA di Kota Jambi harus melaksanakan UNBK. Tujuannya agar para lulusan nantinya dapat menjadi lulusan yang berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Arman kepada wartawan kemarin mengatakan pihaknya akan menyediakan 1.200 unit personal computer (PC) ke sejumlah sekolah SMP di Kota Jambi. "Saat ini tahap awal baru disalurkan 413 unit ke 15 SMP ", ujarnya, Rabu (28/3/2018).

Sementara itu, warga Kota Jambi juga tengah mempersiapkan anak-anak mereka yang masih duduk di bangku SMP untuk merealisasikan niat baik pemerintah tersebut. Meria (39) misalnya, warga Kota Jambi ini mulai tergerak untuk membelikan anaknya komputer jinjing, agar anaknya dapat belajar mengoperasikan komputer di rumah.

Namun kendala pasti tetap ada, menurut Meria harga komputer jinjing (laptop/note book/red) masih tergolong mahal baginya. Sehingga dirinya mengaku akan mengambil inisiatif untuk mencari komputer bekas yang masih bisa dipakai. "Nyari laptop belah, kato anaktu bisa dibawa-bawa, kalau komputer kan besar, banyak makan listrik PLN lagi", ujar Meria, Kamis (29/3/2018).

Meria ialah seorang buruh serabutan yang bekerja sebagai pengupas buah pinang. Dia adalah salah satu sosok warga Kota Jambi yang mendukung program pemerintah untuk meningkatkan mutu lulusan siswa di Jambi. (red/jt/asr)
Diberdayakan oleh Blogger.