Indonesia Akan Besar Jika Merawat Kebudayaan

Istimewa
JAMBITERBIT.COM, JAKARTA - Indonesia akan menjadi negara besar jika merawat kebudayaan-kebudayaan yang ada. Taman Mini Indonesia Indah (PMII) salah satu kebudayaan Indonesia.

"Kalau kita bertanya tentang Indonesia, kita bisa melihat taman mini," terang Staf Ahli Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Bidang Infrastruktur Heri Purwanto di Jakarta, Jumat (20/4/2018) petang.

Pemaparan Heri Purwanto mewakili sambutan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir pada Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 43 TMII di Teater Garuda TMII, Jakarta.

Dikatakan, Kalimantan Selatan (Kalsel) juga memiliki taman mini. Dia mengapresiasi serta merawat kebudayaan tersebut. Ada tiga amanah Muhammad Nasir dalam mengembangkan kemampuan. Menurut Heri Purwanto tiga amanah itu yakni; amati, tiru dan modifikasi (ATM).

Sedangkan, Gubernur Kalimantan Selatan Sobirin Noor mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan pengelola TMII, menjadikan kalsel sebagai ikon dalam Perayaan HUT ke 43 TMII Tahun 2018. "Kendati Bangsa Indonesia terdiri dari masyarakat majemuk, namun dapat hidup rukun," sebut Sobirin.

Direktur Utama TMII Tanri Balinamo menyampaikan, beragam kegiatan digelar dalam rangkaian hari ulang tahun tersebut, diantaranya ; Gebyar Pesta Budaya Nusantara dan Festival Pencak Silat. Kemudian, Karnaval Nusantara, Expo Nusantara, Pameran Museum, Pameran Kuliner, Indonesia Science Day dan Kolaborasi Musik Nusantara serta Atraksi Kesenian.

Sejauh ini, ujar Tanri Balinamo, manajemen TMII telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk penguatan fungsi TMII yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa.

Pada kesempatan itu dilakukan Penandatanganan MoU Pertukaran Satwa Komodo dari Taman Safari untuk mengisi koleksi komodo di TMII. Acara itu juga dihadiri Plt Gubernur Jambi Fahcrori Umar dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi Rohimah Fahcrori.

Penulis : Rizal Ependi
Sumber : Humas Provinsi Jambi
Diberdayakan oleh Blogger.