Kelapa Sawit Memainkan Peranan Penting di Jambi

Sekda Provinsi Jambi M Dianto. foto humas
JAMBITERBIT. COM, JAMBI - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Provinsi Jambi M. Dianto menyatakan, bahwa salah satu komoditi perkebunan yang banyak dan telah lama diusahakan oleh masyarakat di provinsi Jambi adalah kelapa sawit.

Jenis komoditas ini didukung oleh agroklimat yang cocok, potensi pasar dan kultur budaya masyarakat. "Dengan demikian komunitas kelapa sawit ini memainkan peranan yang penting dan strategis di Provinsi Jambi.

Hal ini dapat dilihat dengan menggeliatnya perekonomian di daerah -daerah sentra perkebunan kelapa sawit yang merupakan salah satu komoditi unggulan Provinsi Jambi yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat" ujar gubernur.

Pernyataan ini disampaikan pada Sosialisasi Peremajaan Tanaman Kelapa Sawit Rakyat Tahun 2018 di Jambi, Kamis (5/4/2018).

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agusrizal, Direktur Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian RI Budi Gunadi, Direktur Utama BPDPKS diwakili oleh Kepala Divisi Pemungutan Biaya dan Iuran CPO Wawan Hardiwinata dan Forkompimda.

Dilanjutkan Gubernur bahwa pelaksanaan rapat koordinasi ini memberikan arti yang sangat strategis dalam konteks pemberdayaan petani kelapa sawit karena dengan berkelanjutan pertumbuhan kelapa sawit yang telah tua atau di atas 23 hingga 30 tahun produktivitas TBS akan sudah menurun jumlahnya, dan akan mengurangi pendapatan petani.

"Saya mengharapkan kepada semua peserta rapat koordinasi ini agar dapat mengikuti kegiatan ini secara seksama dengan harapan semua ketentuan yang berkaitan dengan peremajaan kelapa sawit yang nantinya disampaikan tim dari Kementerian akan secara gamblang dan peserta yang mewakili kelompok atau kelompok tani secara jelas mendapatkan informasi" ujarnya. (red/jt/hms)
Diberdayakan oleh Blogger.