Rapat Soal Batubara Akan Dilanjutkan di Batanghari

Sekda Provinsi Jambi M Dianto. foto jambterbit.com


JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Dalam sejumlah pertemuan rapat koordinas (Rakor) tentang angkutan batubara, antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan para pengusaha batubara, diputuskan bahwa, angkutan batubara akan menggunakan jalan khusus.

"Pak Tagor Asisten III telah melakukan rapat dengan beberapa pengusaha batubara, mereka sepakat akan membuat jalan khusus untuk batubara. Dan, rencananya nanti di Muarabulian rapat lanjutan, karena jalur itu memakai jalan Kabupaten Batanghari," terang Sekda Provinsi Jambi, M Dianto di Jambi, Senin (16/4/2018).

Dikatakan, kendala belum terlaksananya pembuatan jalan khusus untuk angkutan batubara ini, terletak pada trend harga jual batubara yang belum stabil. " Makanya, selama ini perusahaan batubara tidak siap untuk membuat jalan khusus," ujar sekda.

Sekda mengambil contoh, jika di Kalimantan para pengusaha angkutan batubara ini melalui jalur sungai. Mereka mencari sungai kecil terdekat sebelum melansir batubara tersebut menuju stockpile. Namun di Provinsi Jambi sepertinya "sulit" menerapkan hal itu, karena sungai-sungai kecil di Jambi banyak yang dangkal.

"Jadi kalau kita lihat, saat air besar saja bisa dimanfaatkan, tapi pada saat air surut, rata-rata kondisi sungai dangkal," tandasnya. Jadi, sekda melanjutkan, keputusannya, para pengusaha batubara ini membuat jalan sendiri dan menjalin kesepakatan dengan pemerintah kabupaten. "Tapi kalau mereka menggunakan jalan kabupaten, mereka juga akan merawat jalan tersebut," pungkasnya. (red/jt/ref)
Diberdayakan oleh Blogger.