Satu Juta Lebih TKI Bekerja di Perusahaan Uni Eropa

Dubes Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend. foto humas
JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Saat ini berjumlah 1 juta lebih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di perusahaan Uni Eropa.

Informasi ini terungkap pada kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend ke Jambi, pertengahan April 2018.

"Banyak perusahaan Uni Eropa yang berinvestasi di Indonesia. Mereka mengaku senang bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia, kenyataannya ada 1,1 juta TKI bekerja di Perusahaan Uni Eropa," terang Vincent Guerend saat menggelar pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Jambi.

Vincent Guerend mengatakan. "Kami berniat untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jambi, guna meningkatkan pembangunan dan perekonomian Jambi," ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut terungkap Dubes Uni Eropa telah banyak terlibat diskusi tentang perkebunan kelapa sawit. Bahkan tehnik penggabungan cara tradisional dengan cara modern dalam berkebun sawit telah diketahui dubes.

"Kami juga merasa senang perkebunan kelapa sawit di Jambi telah menggunakan teknologi pemupukan yang ramah lingkungan," tuturnya.

Kepala Badan Pengkajian Kebijakan dan Pengembangan Kebijakan Kementerian Luar Negeri RI Siswo Pramono menyampaikan, sebelumya program ini telah direncanakan oleh kemetrian luar negeri (Kemenlu).

Bahkan Kemenlu telah bekerjasama dengan Universitas Jambi (Unja) melalui program Summer Course Palm Oil. Saat itu Unja melakukan praktek lapangan yang diikuti peserta dari Jerman dan Spanyol. "Kami memiliki niat untuk lebih memperkenalkan Jambi kepada dunia, karena Jambi memiliki potensi yang luar biasa," kata Siswo Pramono.

Sementara, Pelaksana Tugas Gubernur Jambi Fahcrori Umar menjelaskan, di Provinsi Jambi saat ini terdapat sekitar 629.836 petani perkebunan yang menggarap lahan seluas 1,4 juta hektar. (red/jt/hms)
Diberdayakan oleh Blogger.