BPBD Nyatakan Siap Lakukan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Ilustrasi Istimewa
JAMBITERBIT.COM, MUAROJAMBI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muarojambi telah menyatakan kesiapannya dalam menanggulangi kebakarahan hutan dan lahan (Karhutla).

"Sejauh ini BPBD telah mengecek armada dan peralatan yang akan digunakan untuk pemadaman api jika terjadi karhutla, termasuk baju dan masker petugas," ujar Kepala BPBD Kabupaten Muarojambi M Zakir dalam sambutannya pada rapat sosialisasi penanggulangan karhutla di Kumpel Ilir, Selasa (15/5/2018).

Menurut M Zakir, dalam mencegah dan menanggulangi karhutla semua pihak harus bersinergi guna mempermudah pekerjaan di lapangan.

Sementara itu, Danramil 415-01 Suakkandis Kapten Arm Heriansyah sebagai Perwakilan Dansus Satgas Karhutla dalam sambutannya mengatakan pihaknya juga akan melaksanakan operasi pencegahan dan penanggulangan karhutla, sebagai perpanjangan tangan dari Kodim 0415 Batanghari.

"Sejauh ini koramil telah menempatkan babinsa guna memantau titik api di masing-masing desa dan terus berkoordinasi dengan pihak Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi guna memastikan lokasi keberadaan titik api," terangnya.

Sedangkan Kapolres Muarojambi AKBP Mardino yang diwakilkan kepada Kasat Binmas Polres Muarojambi IPTU Haris dalam sambutannya mengatakan, dirinya menjelaskan peraturan tentang ancaman serta hukuman bagi setiap pelaku pembakaran baik kawasan hutan maupun lahan perkebunan.

“Bagi yang melanggar, tentu ada sanksi tegas untuk membuat efek jera, dan masyarakat yang lain diharapkan tidak mencontoh pelaku,” ujar Haris.

Rapat karhutla tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor PT Ricky Kuniawan Kerta Persada (RKK) di Desa Mekarsari, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi. Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh pihak terkait di Kabupaten Muarojambi. (red/jt/hel)

Sumber informasi : Kodim 0415 Batanghari 


BERITA SEBELUMNYA KARHUTLA  (2018) :  

> Mei 2018, di Muarojambi Telah Dua Kali Terjadi Karhutla
  
> Dalam Kurun Waktu Tiga Tahun, Jumlah Karhutla Menurun Drastis
 
> Pelaku Pembakaran Hutan Akan Ditindak Tegas  

> Pemrov Apresiasi Kegiatan Pelatihan Karhutla Dispotmar  

> Warga Dilarang Membakar Lahan untuk Berkebun  


BERITA SEBELUMNYA KARHUTLA  (2017) :

> Camat Dilarang Meninggalkan Wilayah Tugas  

> TNI Polri dan Masyarakat Bersatu Cegah Karhutla  

> Tim Patroli Karhutla Menyisir Perbatasan TNB  

> Pemerintah Siapkan Rp 4 M Tanggulangi Karhutla di Provinsi Jambi  

> Jambi Berstatus Siaga Karhutla 

> Lima Hotspot Terpantau di Riau, Pelalawan Terbanyak  

 


 
Diberdayakan oleh Blogger.