Harga Jual Pinang Kering Masih Dikisaran Rp 10 Ribu Per Kilogram

Petani pinang di Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi. foto jambiterbit.com

JAMBITERBIT.COM, MUAROJAMBI - Harga pinang kering ditangan petani masih dikisaran Rp 10 ribu per kg. Harga itu jauh menurun dibanding beberapa bulan lalu mencapai Rp 20 ribu per kg.

"Harga Rp 10 ribu per kg itu tergolong sangat murah, sebab dulu harga pinang mencapai Rp 20 ribu per kg. Itu pun harus biji pinang kering, kalau masih basah hanya Rp 5000 hingga Rp 7000 per kg," ujar Wak Alam seorang petani pinang di Jambi, Selasa (1/5/2018).

Sebelumnya, menurut Wak Alam, petani pinang masih bisa bernapas lega mengingat harga tak terlalu rendah. "Saat ini buat makan saja tidak cukup, apalagi kami hanya petani yang nyambi menjual buah pinang," sebut petani di Desa Tangkit, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi tersebut.

Wak Alam hidup bersama istrinya di sebuah rumah di Desa Tangkit. Sedangkan anak-anaknya telah berkeluarga semua. Biaya hidup sehari-hari diperoleh dari hasil kebun seperti buah pinang dan kelapa. "Ada juga pohon coklat, tapi tak berapa luas," tuturnya.

Rendahnya harga jual pinang juga diakui beberapa pengumpul yang ada di Kecamatan Sungaigelam. "Bagaimana kami mau beli mahal, sedangkan pabrik juga membeli dengan harga murah," ujar salah seorang pengumpul buah pinang kering yang tak ingin namanya ditulis. (red/jt/tam)
Diberdayakan oleh Blogger.