Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Naik

Pedagang dan pembeli di Pasar Sengeti. foto jambiterbit.com
JAMBITERBIT.COM, MUAROJAMBI - Menjelang Bulan Suci Ramadhan harga kebutuhan pokok di Pasar Sengeti, Kabupaten Muarojambi merangkak naik. Kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut diduga disebabkan banyaknya permintaan dibanding persediaan.

"Ini belum seberapa, karena puasa masih agak lama, biasanya kenaikan harga sembako beberapa hari memasuki bulan puasa," kata Nurma Sardi (41) seorang warga di Sengeti, Minggu (6/5/2018).

Saat ini harga daging Rp 48 ribu sampai Rp 50 ribu per kg. Sedangkan harga ayam potong mencapai Rp 55 ribu per kg. Padahal sebelumnya harga kedua bahan kebutuhan pokok tersebut masih dibawah kisaran Rp 50 ribu per kg.

Dikatan Nurma, soal kenaikan harga menjelang bulan puasa itu biasa, setiap tahun seperti itu. Pun demikian, dirinya berharap kepada pihak terkait untuk tidak menaikan harga terlalu tinggi. "Kalau harganya mahal, kami orang kecil tak mampu membeli," tuturnya.

Pedagang di Pasar Sengeti yang tak ingin namanya ditulis mengaku kenaikan harga daging disebabkan berkurangnya pasokan dari agen. Dirinya tak tahu persis tentang hal itu, tapi yang jelas stok yang ada di pedagang cenderung lebih sedikit dari sebelumnya.

 "Kan di koran kemarin ada berita stok ayam potong putus, malah banyak lapak yang kosong di Pasar Kebun Handil. Jadi dengan begitu banyak warga yang belum dapat," kata pedagang ini.

Menurutnya, dengan sempat terputusnya persediaan daging ayam potong di salah satu pasar di Kota Jambi pekan lalu, dia menduga pembeli tertumpu pada satu tempat, sehingga menimpulkan peluang bagi pedagang untuk menaikan harga sedikit lebih mahal dari sebelumnya. (ref/jt/hel)
Diberdayakan oleh Blogger.